Hypno-Breastfeeding


say YES to ASI…bagi-bagi info tentang breastfeeding niy :)…bukannya sok jagoan karna masih ngasih ASI ke jihan hehee…tapi sekedar berbagi info untuk para ibu dan calon ibu…terus terang, jihan juga ga diksaih ASI eksklusif…tapi saya berusaha mengurangi asupan susu formula di badan jihan…sebenernya ada yang saya sesali waktu jihan lahir, RS tempat saya melahirkan (dirahasiakan ntar kaya prita lagi heee) tanpa confirm ke saya atau syafran langsung ngasih jihan susu formula dengan alasan bilirubin jihan tinggi dan harus di beri minum 1,5 – 2 jam sekali…sedangkan ASI saya memang belum keluar saat itu.

saya berusaha ga egois dalam hal ini, kepentingan jihan lebih saya utamain…saya mengalah dan terus berjuang untuk bisa memberikan ASI ke jihan walaupun banyak banget kendala (pemikiran saya tentang menyusui itu mudah terbantah saat itu)…saat pulang kerumah, saya dan syafran ngelakuin berbagai upaya untuk nurunin bilirubin jihan…pagi2 dah dijemur, ngasih minum 1,5-2 jam sekali, kontrol ke dokter 3 hari sekali…tapi billirubin jihan ga juga turun…saat saya udah pasrah kalau jihan harus disinar (selama ini saya berkeras ga mau) ternyata bilirubin jihan turun drastis (subhanallah) jihan memang lil’ fighter…

hari ini umur jihan udah 9 bulan…hari ini juga jihan mau imunisasi campak…sampai hari ini juga jihan masih menerima ASI…saya selalu update informasi2 terbaru seputar bayi…saat saya baca tentang Hypno-Breastfeeding..saya bener tertarik…ini saya buatin sedikit ringkasan tentang hypno breastfeeding…siapa tau bisa bermanfaat

Ibu menyusui harus senantiasa berusahamenciptakan kondisi yang positif  bagi dirinya untuk terus bisa menyusui. salah satunya, menciptakan pikiran tenang sehingga dapat menghasilkan ASI yang cukup. pikiran yang tenang dapat dilakukan dengan teknik relaksasi sehingga kuantitas dan kualitas ASI-nya maksimal.

Salah satu teknik relaksasi yang bisa dilakukan adalah hypno-breastfeeding yang dilakukan dengan upaya alami  menggunakan energi bawah sadar agar niat menyusui muncul, mampu menghasilkan ASIyang mencukupi untuk kebutuhan bayi dan proses menyusui berjalan lancar.

Caranya adalah dengan memasukkan kalimat-kalimat afirmasi positif yang membantu proses menyusui saat si ibu dalam keadaan sangat relaks atau sangat berkonsentrasi pada suatu hal (keadaan hipnosis)

Definisi hipnosis sendiri adalah suatu kondisi nirsadar yang terjadi secara alami, dimana seseorang menjadi mampu menghayati pikiran dan sugesti tertentu untuk mencapai perubahan psikologis, fisik maupun spritual yang diinginkan. untuk diketahui, pikiran bawah sadar (subconscius mind) berperan 82% terhadap fungsi diri. misal, proses menyusui dapat berlangsung nyaman karena ibu merekam pikiran bawah sadar bahwa menyusui adalah proses alamiah dan nyaman.

jadi, dasar dalam melakukan hypno-breastfeeding adalah relaksasi yang dicapai bila jiwa raga berada dalam kondisi tenang. Relaksasi merupakan sebuah ketrampilan. Untuk itu perlu diulang-ulang untuk menentukan keberhasilannya. Adapun timbulnya suasana relaks dapat didukung oleh ruangan/suasana tenang, menggunakan musik untuk relaksasi, ditambah aromatherapy, panduan relaksasi oto, napas dan pikiran.

Langkah2 melakukan Hypno Breastfeeding

  • persiapkan secara menyeluruh tubuh, pikiran dan jiwa agar proses pemberian ASI sukses
  • Niatkan yang tulus dari batin untuk memberi ASI eksklusif pada bayi yang kita sayangi dan yakin bahwa semua ibu, bekerja atau di rumah, memilki kemampuan untuk menyusui/memberi ASI pada bayinya
  • Dengan berniat pikiran ibu menyusui semakin tenang, seluruh sel, organ, hormonal pun seimbang sehingga produksi ASI cukup untuk kebutuhan bayi.
  • Mulailah memberi sugesti positif Contoh kalimat sugesti atau afirmasi, misalnya “ASI saya cukup untuk bayi saya sesuai dengan kebutuhannya” atau “saya selalu merasa tenang dan rileks saat mulai memerah”
  • kalimat sugesti saat melakukan hypnotherapy juga dapat diberikan suami saat menemani istri melakukannya.
  • suasana nyaman benar2 harus tercipta saat terapi hypno-breastfeeding. lingkungan sekitar harus dapat membantu ibu menciptakan suasana nyaman .

oya, ini juga bisa dilakuin oleh ibu2 hamil untuk mempersiapkan ASI eksklusif buat sang buah hati.

posting by

::ellystia::

pssttt…hari ini jihan tepat 9 bulan…nice kid, strong, smart n calm…love u muchmuchmuch kiddy


2 Comments (+add yours?)

  1. aisyahdinayasyabila
    Jul 21, 2009 @ 14:18:49

    iya dong… ASI from the BREAST…. eh… ASI is the BEST
    hahahhaha

    Reply

    • jihancallista
      Jul 28, 2009 @ 07:17:41

      allow mbak aisyah…setuju deh ASI is the best…makasih ya dah mampir :)…btw, ibu menyusui juga kah ???🙂

      Reply

Leave a Reply

