Berdamai dengan masa lalu


Heboh di twitter tentang sayembara menulis surat buat mantan..tadinya saya mau ikutan..tapi kok aneh ya untuk saya, membayangkan menulis untuk seseorang yang dengan susah payah kita lupain, lalu siapa tau dia baca juga tulisan saya untuk dia..belum lagi kalau suami saya baca. Akhirnya saya urung ikutan. Dan melupakan semua ide-ide gila yang mau saya tulis di surat itu. mengingat banyak cerita-cerita dramatis yang pernah ada di hidup saya ( halah😀 )

Tapi gak tau kenapa beberapa malam ini saya kok mimpi ketemu bapak dari ‘mantan’ saya dulu..ceritanya saya jalan sendiri di jalanan deket rumah saya dan dia terus ngikutin saya. Pas saya tanya kenapa, lalu dia bilang dia mau jagain saya. Saya terharu, dan akhirnya saya terbangun karena jihan minta di buatin susu😀

Besok paginya saya masih keinget mimpi saya samalem, mungkin saya yang selama ini dekat dengan dia tapi ga pernah ngirimin dia doa apalagi berziarah kemakamnya ya. (yap, bapaknya ‘mantan’ saya ini sudah meninggal). Sebenarnya ada rasa sedih kalau inget tentang masa lalu saya. semua yang sudah saya simpen rapi dalam kotak yang saya simpan di tempat yang saya sendiri  ga pernah tau dimana. Dan saya ga pernah berani coba untuk ngebuka (lagi).

Tapi kalo saya pikir-pikir (lagi) kenapa juga saya mesti marah atau ngebencinya. toh, segala rasa saya ke dia dah meluap jauh entah kemana. Dia memang pernah jadi yang istimewa untuk saya. Tapi itu DULU dan ga sekarang. “What’s done is done and It’s over. Jadi kenapa juga saya mesti ketakutan untuk mengingatnya.

I’ve learned much at amazing school that i call live…saya banyak belajar dari segala rasa sakit yang pernah saya rasain dan saya ga mau mundur ke kehidupan di belakang saya. Dimana dendam dan rasa sakit masih saya rasain..oh NO, enggak sekarang setelah susah payah menata semua tentang hidup saya, setelah semua kebahagian saya bersama keluarga kecil saya. lalu, saya mesti mengulang semua luka lama yang menyebabkan saya jadi mellow mendadak.

Mereka bagian masa lalu saya dan yang saya jalani dan  hadapi saat ini adalah MASA DEPAN saya. Lalu buat apa saya merasa ketakutan dengan semua kenangan buruk di masa lalu. Sudah saatnya saya buka kotak masa lalu itu dan saya buang. Setelah sekian lama menyimpannya dan takut banget kalau hidup saya bakal terusik kalau kotak itu terbuka sedikit saja.

Saya berhasil !! dan sudah seperti yang saya duga. saya ga lagi merasakan sakit, dendam, benci ataupun cemburu. Saat keluarganya yang telah lama mengulurkan tangan untuk bersahabat dengan saya dan selalu saya tepis. Akhirnya, saya bisa mengulurkan tangan saya juga untuk menyambut mereka sebagai bagian dari silaturahmi. Tapi tidak dengan mereka ‘paramantan‘ (berasa ada banyak mantan :D). Banyak hati yang mesti di jaga saat ini. komunikasi yang sedikit dan mungkin ga berarti bagi saya, mungkin bisa menyakiti hati orang lain begitu dalam.

Kita ga pernah tau dengan siapa kita berjodoh. Memang kadang apa yang kita dapatkan ga sesuai dengan apa yang kita harapkan..tapi itulah hidup !! ga ada yang tau apa yang akan terjadi di masa mendatang. Saya sempet mellow dan mendayu-dayu setiap habis putus dengan pacar tapi lagi-lagi saya toh, akhirnya bisa tersenyum lagi bahkan bahagia. Karena siapa tahu justru setelah berpisah kita akan bertemu dengan sosok yang lebih baik, kan?🙂

Gambar dipinjam dari sini

::eLLySTia::

Leave a Reply

